Cari Blog Ini

Kamis, 21 Juli 2011

TIK " Teknologi Informasi & Komunikasi"

asalammualaikum harohmatuwlah hiwabarokatuh,,

TIK adalah kepanjangan dari Teknologi Informasi & Komunikasi, Teknologi Informasi merupakan gabungan berbagai perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan untuk menghasilkan informasi bagi para penggunanya.
Berikut penjelasan tentang perangkat keras dan perangkat lunak komputer :
1. Perangkat keras yang diperlukan meliputi perangkat komputer , perangkat komunikasi, perangkat presentasi, dan berbagai alat bantu atau media yang biasa memudahkan penyampaian informasi.
2. Perangkat lunak juga merupakan kumpulan berbagai program yang memungkinkan semua perangkat saling bekerja-sama untuk menghasilkan informasi.
Biasanya alat alat yang digunakan di dalam TIK berupa komputer, TV, Handphone, Radio. DLL



Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
Secara luas, Komputer dapat didefinisikan sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen, yang dapat bekerja sama antara komponen satu dengan yang lain untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada. Adapun komponen komputer adalah meliputi : Layar Monitor, CPU, Keyboard, Mouse dan Printer (sbg pelengkap). Tanpa printer komputer tetap dapat melakukan tugasnya sebagai pengolah data, namun sebatas terlihat dilayar monitor belum dalam bentuk print out (kertas).
Dalam definisi seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah "yang memproses informasi" atau "sistem pengolah informasi."
Yang kita tahu itu yang pasti internet. Siapa yang tahu Internet? Hampir semua orang itu tahu akan Internet. Kalian juga pasti tahu kan?

Mari kita ketahui apa itu komputer. Komputer itu adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika. Menurut saya, komputer itu adalah suatu alat yang dapat mendapatkan informasi dan dapat juga berkomunikasi, biasanya sangat diperlukan pada orang yang melakukan pekerjaan agar lebih mudah dalam mengerjakan pekerjaan itu.

Disamping itu dengan adanya TIK mereka bisa membuat tugas-tugas sekolah seperti makalah dan tugas lainnya dengan menggunakan komputer. Siswa juga dapat memindahkan gambar-gambar, lagu dan progam-progam hp ke dalam hp yang dimiliki. Jadi Teknologi Informasi dan Komunikasi memiliki manfaat yang banyak dalam kehidupan.
Secara khusus, tujuan mempelajari Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah:

1. Menyadarkan kita akan potensi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang terus berubah sehingga termotivasi untuk mengevaluasi dan mempelajari teknologi ini sebagai dasar untuk belajar sepanjang hayat.
2. Memotivasi kemampuan kita agar bisa beradaptasi dan mengantisipasi perkembangan TIK, sehingga bisa melaksanakan dan menjalani aktifitas kehidupan sehari hari secara mandiri dan lebih percaya diri.
3. Mengembangkan kompetensi kita dalam menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk mendukung kegiatan belajar, bekerja, dan berbagai aktifitas dalam kehidupan sehari hari.
4. Mengembangkan kemampuan belajar berbasis TIK, sehingga proses pembelajaran dapat lebih optimal, menarik, dan mendorong kita lebih terampil dalam berkomunikasi, terampil mengorganisasi informasi, dan terbiasa bekerjasama.
5. Mengembangkan kemampuan belajar mandiri, berinisiatif, inovatif, kreatif, dan bertanggung jawab dalam penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk pembelajaran, bekerja, dan pemecahan masalah sehari hari.

Saat ini Depdiknas mempunyai program pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi secara besar besaran.
Ada tiga posisi penting Depdiknas dalam program pengembangan TIK, yaitu:

1. Bidang kejuruan, TIK menjadi salah satu jurusan di SMK. Pengembangan TIK secara teknis baik hardware dan software masuk dalam kurikum pendidikan. Dibentuknya ICT center di seluruh Indonesia. Untuk menghubungkan sekolah sekolah di sekitar ICT center dibangun WAN (Wireless Area Network) Kota.
2. Pustekkom, sebagai salah satu ujung tombak dalam pengembangan TV pendidikan interaktif, E learning dan E SMA. Program ini bertujuan untuk mempersempit jurang perbedaan kualitas pendidikan antara kota besar dengan daerah.
3. Jardiknas (Jejaring Pendidikan Nasional), bertujuan untuk mengintegrasikan kedua program di atas agar terbentuk sebuah jaringan yang menghubungkan semua sekolah di Indonesia. Sehingga diperkirakan di masa depan semua sekolah di Indonesia akan terkoneksi dengan internet. Melihat program yang diadakan oleh Depdiknas kita bisa memanfaatkan fasilitas tersebut karena bersifat terbuka.

Komputer terbagi dalam dua perangkat, yaitu perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Saya akan membahas tentang hardware. Hardware atau di sebut perangkat keras adalah perangkat yang secara fisik dapat dilihat. Perangkat keras komputer terbagi dalam tiga bagian, yaitu input, prosesor, dan output.


Menurut Hamacher [1]
Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.

Menurut Blissmer [2]
komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut:
(a) menerima input (b)memproses input tadi sesuai dengan
programnya (c)menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan (d)menyediakan output dalam bentuk informasi.

Sedangkan Fuori [3]
berpendapat bahwa komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.

Cakra Baqarah [4]
menurut saya komputer adalah sarana teknologi yang dapat mempermudah suatu pekerjaan seseorang

Komputer terdiri dari perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Perangkat keras adalah perangkat yang secara fisik dapat dilihat. Sedangkan perangkat lunak adalah perangkat yang berupa program-program untuk menjalankan komputer. Secara skematik perangkat keras adalah sebagai berikut :

Central Processing Unit (CPU)

CPU merupakan pusat pengolah data atau sering disebut sbagai otaknya komputer.CPU sering juga disebut sebagai microprocessor atau processor. Gambar processor adalah sebagai berikut :
Berdasarkan fungsi operasionalnya CPU dibedakan menjadi 2 bagian yaitu :
a. Arithmatical Logical Unit (ALU) berfungsi sebagai pusat pengolah data, seperti perhitungan matematika.
b. Control unit (CU), berfungsi sebagai pengontrol kerja komputer.
~ Kecepatan kinerja komputer diukur dengan satuan hertz. Saat ini kecepatan komputer mencapai 3,6 gigahertz (GHZ) atau setara dengan 3.600.000.000 hertz.
~ Teknologi prosesor adalah teknologi core duo, dengan teknologi ini kecepatan prosesor meningkat dua kali lebih cepat. Saat ini Intel telah mengeluarkan CPU dengan teknologi core duo dengen kecepatan 2,66 GHZ.



2. Memori

~ Memori berfungsi untuk menyimpan informasi sebelum maupun sesudah diproses oleh prosesor. Memori ada 2 jenis yaitu memori internal yang disebut RAM (random acces memory) dan memori eksternal disebut ROM (read only memory).
~ RAM berfungsi untuk menyimpan data sementara pada saat program dijalankan. Kemampuan RAM menyimpan data dinyatakan dalam satuan byte.
~ Ukuran RAM dipasaran perkepingnya antara lain 4MB, 8 MB, 16 MB, 32MB, 64 MB, 128 MB, 256 MB, 512 MB, 1 GB.
~ ROM berfungsi menyimpan data secara permanent. ROM berisi perintah-perintah untuk memeriksa setiap hardware pada saat computer pertama kali dihidupkan.


3. Media Penyimpanan
Agar computer dapat dijalankan dengan baik maka perlu media untuk menyimpan program-program maupun data-data. Media penyimpan data dalam computer antara lain :

A. Hardisk

~ merupakan media penyimpan data yang terdapat didalam computer.
~ Ukuran fisik hardisk PC (personal Computer ) umumnya 3,5 inch. Untuk laptop ukurannya lebih kecil dan tipis.
~ Kemampuan menyimpan data dinyatakan dalam ukuran byte. Kemampuan hardisk antara lain 40 MB, 80 MB, 120 MB, 260 MB, 320 MB, 640 MB, 850 MB, 1 GB, 1,2 GB, 1,6 GB, 2,1 GB, 2,5 GB, 3,2 GB, 4,3 GB, 6,4 GB, 8 GB, 10 GB, 15 GB, 20 GB, 30 GB, 40 GB, 80 GB, 120 GB, 200 GB, 400 GB.
1 byte = 1 karakter angka / hurup
1 KB (kilobyte) = 1024 byte
1 MB (megabyte) = 1024 KB
1 GB (gigabyte ) = 1024 MB
1 TB (terabyte ) = 1024 GB
~ Merek hardisk dipasaran misalnya; Samsung, Seagate, WDC, quantum, Toshiba, IBM, dan lain-lain.

B. Disket & floppy disk

~ Disket merupakan alat penyimpan data dengan kemampuan meyimban data sebesar ; 320 KB, 720 KB, dan 1,44 MB.
~ Tempat untuk memasukkan disket didalam computer disebut ploppy disk.
~ Kelebihan disket adalah dapat digunakan untuk memindahkan data ke computer lain yang tidak dihubungkan oleh jaringan, harganya murah dan mudah dibawa (portable).
~ Kelemahan disket adalah kemampuan menyimpan data sedikit, mudah rusak.

C. Flash drive

~ Adalah media penyimpanan dimana data disimpan langsung pada chip memori.
~ Untuk berkomunikasi dengan computer Flash drive menggunakan USB (universal serial bus).
~ Sampai saat ini kemampuan flashdisk menyimpan data antara lain ; 128 MB, 256 MB, 512 MB, 1 GB,
2 GB , 4 GB,6 GB,8 GB,32 GB.
~ Kelebihan flash disk adalah tidak mudah rusak (karena tidak ada peralatan mekanik), tahan magnetic dan goncangan.
~ Kekurangan flasdisk ; harganya masih mahal, karena ukurannya kecil mudah hilang.
~ Merek flash disk dipasaran antara lain; easy disk, Toshiba, Kingston, dan lain-lain.

D. Compact disk


~ CDROM (compact disk read only memory) mempunyai kemampuan menyimpan data hingga 700 MB (megabyte). CDROM hanya mampu membaca data dan tidak dapat menulis data pada keeping CD.
~ CDRW (compact disc rewritable) mempunya kemampuan membaca dan menulis data pada kepingan CD.
~ DVD (digital Versatile disc) mempunyai kemampuan hingga 4 GB (gigabyte) per kepingan DVD.
~ Data yang ditulis dengan format DVD tidak dapat dibaca oleh CDROM.
~ DVDROM hanya dapat membaca data saja, sedangkan DVDRW dapat membaca dan menulis data pada kepingan DVD.


E. Mainboard

~ Mainboard atau motherboard berfungsi sebagai tempat koneksi peralatan lain misalnya; VGA card, sound card, memori, LAN card, prosesor, modem, dan lain-lain.
~ Didalam mainboard biasanya terdapat slot-slot yang berguna untuk berkomunikasi dengan perangkat lain.
~ Merek mainboard dipasaran jumlahnya banyak sekali misalnya; ASUS, ASROK, ECS, intel, dan lain-lain.
~ Motherboard modelnya sangat banyak, salah satu contohnya berikut ini :
~ card adalah kartu elektronik yang berfungsi mengubah sinyal digital menjadi gambar. Contoh merk VGA card dipasaran antara lain; NVidia, S3, ATI, Triden,
intel, dan lain-lain.

NB :“Saya menyatakan bahwa artikel ini merupakan karya kreatif yang saya rangkum dari sejumlah pustaka. Bukan merupakan salinan dari artikel lain. Saya bersedia dikenakan sanksi, berupa pembatalan nilai, jika ditemukan artikel yang sejenis.”

jika ada hal yang ingin ditanyakan,memberikan saran atau hal lain anda dapat mengirim email ke fadhilsam@ymail.com di facebook,mohon maaf bila ada yang kurang atau kurang menarik,saya sangat mengaharapkan kritikan maupun saran dari anda semua,terima kasih atas partisipasinya,,

wasalam mualaikum warohmatuwlah hiwabarokatuh...

Kamis, 27 Januari 2011

Langkah demi langkah merakit Komputer

Berikut ini akan dibahas mengenai bagaimana cara merakit komputer, terutama bagi mereka yang baru belajar .. dari beberapa referensi yang saya pelajari .. maka berikut ini akan dijelaskan langkah demi langkah cara merakit komputer, mudah-mudahan bermanfaat .. Red. deden
Komponen perakit komputer tersedia di pasaran dengan beragam pilihan kualitas dan harga. Dengan merakit sendiri komputer, kita dapat menentukan jenis komponen, kemampuan serta fasilitas dari komputer sesuai kebutuhan.Tahapan dalam perakitan komputer terdiri dari:
A. Persiapan
B. Perakitan
C. Pengujian
D. Penanganan Masalah
rakit1.jpg

Persiapan
Persiapan yang baik akan memudahkan dalam perakitan komputer serta menghindari permasalahan yang mungkin timbul.Hal yang terkait dalam persiapan meliputi:
  1. Penentuan Konfigurasi Komputer
  2. Persiapan Kompunen dan perlengkapan
  3. Pengamanan
Penentuan Konfigurasi Komputer
Konfigurasi komputer berkait dengan penentuan jenis komponen dan fitur dari komputer serta bagaimana seluruh komponen dapat bekerja sebagai sebuah sistem komputer sesuai keinginan kita.Penentuan komponen dimulai dari jenis prosessor, motherboard, lalu komponen lainnya. Faktor kesesuaian atau kompatibilitas dari komponen terhadap motherboard harus diperhatikan, karena setiap jenis motherboard mendukung jenis prosessor, modul memori, port dan I/O bus yang berbeda-beda.
Persiapan Komponen dan Perlengkapan
Komponen komputer beserta perlengkapan untuk perakitan dipersiapkan untuk perakitan dipersiapkan lebih dulu untuk memudahkan perakitan. Perlengkapan yang disiapkan terdiri dari:
  • Komponen komputer
  • Kelengkapan komponen seperti kabel, sekerup, jumper, baut dan sebagainya
  • Buku manual dan referensi dari komponen
  • Alat bantu berupa obeng pipih dan philips
Software sistem operasi, device driver dan program aplikasi.
rakit2.jpg
Buku manual diperlukan sebagai rujukan untuk mengatahui diagram posisi dari elemen koneksi (konektor, port dan slot) dan elemen konfigurasi (jumper dan switch) beserta cara setting jumper dan switch yang sesuai untuk komputer yang dirakit.Diskette atau CD Software diperlukan untuk menginstall Sistem Operasi, device driver dari piranti, dan program aplikasi pada komputer yang selesai dirakit.
Pengamanan
Tindakan pengamanan diperlukan untuk menghindari masalah seperti kerusakan komponen oleh muatan listrik statis, jatuh, panas berlebihan atau tumpahan cairan.Pencegahan kerusakan karena listrik statis dengan cara:
  • Menggunakan gelang anti statis atau menyentuh permukaan logam pada casing sebelum memegang komponen untuk membuang muatan statis.
  • Tidak menyentuh langsung komponen elektronik, konektor atau jalur rangkaian tetapi memegang pada badan logam atau plastik yang terdapat pada komponen.
rakit3.jpg
Perakitan
Tahapan proses pada perakitan komputer terdiri dari:
  1. Penyiapan motherboard
  2. Memasang Prosessor
  3. Memasang heatsink
  4. Memasang Modul Memori
  5. memasang Motherboard pada Casing
  6. Memasang Power Supply
  7. Memasang Kabel Motherboard dan Casing
  8. Memasang Drive
  9. Memasang card Adapter
  10. Penyelesaian Akhir
 1. Penyiapan motherboard
Periksa buku manual motherboard untuk mengetahui posisi jumper untuk pengaturan CPU speed, speed multiplier dan tegangan masukan ke motherboard. Atur seting jumper sesuai petunjuk, kesalahan mengatur jumper tegangan dapat merusak prosessor.
rakit4.jpg
2. Memasang Prosessor
Prosessor lebih mudah dipasang sebelum motherboard menempati casing. Cara memasang prosessor jenis socket dan slot berbeda.Jenis socket
  1. Tentukan posisi pin 1 pada prosessor dan socket prosessor di motherboard, umumnya terletak di pojok yang ditandai dengan titik, segitiga atau lekukan.
  2. Tegakkan posisi tuas pengunci socket untuk membuka.
  3. Masukkan prosessor ke socket dengan lebih dulu menyelaraskan posisi kaki-kaki prosessor dengan lubang socket. rapatkan hingga tidak terdapat celah antara prosessor dengan socket.
  4. Turunkan kembali tuas pengunci.
rakit5.jpg
Jenis Slot
  1. Pasang penyangga (bracket) pada dua ujung slot di motherboard sehingga posisi lubang pasak bertemu dengan lubang di motherboard
  2. Masukkan pasak kemudian pengunci pasak pada lubang pasak
Selipkan card prosessor di antara kedua penahan dan tekan hingga tepat masuk ke lubang slot.
rakit6.jpg

3. Memasang Heatsink
Fungsi heatsink adalah membuang panas yang dihasilkan oleh prosessor lewat konduksi panas dari prosessor ke heatsink.Untuk mengoptimalkan pemindahan panas maka heatsink harus dipasang rapat pada bagian atas prosessor dengan beberapa clip sebagai penahan sedangkan permukaan kontak pada heatsink dilapisi gen penghantar panas.Bila heatsink dilengkapi dengan fan maka konektor power pada fan dihubungkan ke konektor fan pada motherboard.  
rakit16.jpg

4. Memasang Modul Memori
Modul memori umumnya dipasang berurutan dari nomor socket terkecil. Urutan pemasangan dapat dilihat dari diagram motherboard.Setiap jenis modul memori yakni SIMM, DIMM dan RIMM dapat dibedakan dengan posisi lekukan pada sisi dan bawah pada modul.Cara memasang untuk tiap jenis modul memori sebagai berikut.
Jenis SIMM
  1. Sesuaikan posisi lekukan pada modul dengan tonjolan pada slot.
  2. Masukkan modul dengan membuat sudut miring 45 derajat terhadap slot
  3. Dorong hingga modul tegak pada slot, tuas pengunci pada slot akan otomatis mengunci modul.
rakit7.jpg

rakit8.jpg
Jenis DIMM dan RIMM
Cara memasang modul DIMM dan RIMM sama dan hanya ada satu cara sehingga tidak akan terbalik karena ada dua lekukan sebagai panduan. Perbedaanya DIMM dan RIMM pada posisi lekukan
  1. Rebahkan kait pengunci pada ujung slot
  2. sesuaikan posisi lekukan pada konektor modul dengan tonjolan pada slot. lalu masukkan modul ke slot.
  3. Kait pengunci secara otomatis mengunci modul pada slot bila modul sudah tepat terpasang.
 
rakit9.jpg
rakit10.jpg
  5. Memasang Motherboard pada Casing
Motherboard dipasang ke casing dengan sekerup dan dudukan (standoff). Cara pemasangannya sebagai berikut:
  1. Tentukan posisi lubang untuk setiap dudukan plastik dan logam. Lubang untuk dudukan logam (metal spacer) ditandai dengan cincin pada tepi lubang.
  2. Pasang dudukan logam atau plastik pada tray casing sesuai dengan posisi setiap lubang dudukan yang sesuai pada motherboard.
  3. Tempatkan motherboard pada tray casing sehinga kepala dudukan keluar dari lubang pada motherboard. Pasang sekerup pengunci pada setiap dudukan logam.
  4. Pasang bingkai port I/O (I/O sheild) pada motherboard jika ada.
  5. Pasang tray casing yang sudah terpasang motherboard pada casing dan kunci dengan sekerup.
  
rakit11.jpg
  6. Memasang Power Supply
Beberapa jenis casing sudah dilengkapi power supply. Bila power supply belum disertakan maka cara pemasangannya sebagai berikut:
  1. Masukkan power supply pada rak di bagian belakang casing. Pasang ke empat buah sekerup pengunci.
  2. HUbungkan konektor power dari power supply ke motherboard. Konektor power jenis ATX hanya memiliki satu cara pemasangan sehingga tidak akan terbalik. Untuk jenis non ATX dengan dua konektor yang terpisah maka kabel-kabel ground warna hitam harus ditempatkan bersisian dan dipasang pada bagian tengah dari konektor power motherboard. Hubungkan kabel daya untuk fan, jika memakai fan untuk pendingin CPU.
rakit12.jpg
7. Memasang Kabel Motherboard dan Casing
Setelah motherboard terpasang di casing langkah selanjutnya adalah memasang kabel I/O pada motherboard dan panel dengan casing.
  1. Pasang kabel data untuk floppy drive pada konektor pengontrol floppy di motherboard
  2. Pasang kabel IDE untuk pada konektor IDE primary dan secondary pada motherboard.
  3. Untuk motherboard non ATX. Pasang kabel port serial dan pararel pada konektor di motherboard. Perhatikan posisi pin 1 untuk memasang.
  4. Pada bagian belakang casing terdapat lubang untuk memasang port tambahan jenis non slot. Buka sekerup pengunci pelat tertutup lubang port lalumasukkan port konektor yang ingin dipasang dan pasang sekerup kembali.
  5. Bila port mouse belum tersedia di belakang casing maka card konektor mouse harus dipasang lalu dihubungkan dengan konektor mouse pada motherboard.
  6. Hubungan kabel konektor dari switch di panel depan casing, LED, speaker internal dan port yang terpasang di depan casing bila ada ke motherboard. Periksa diagram motherboard untuk mencari lokasi konektor yang tepat.
rakit13.jpg
rakit14.jpg
rakit15.jpg

8. Memasang Drive
Prosedur memasang drive hardisk, floppy, CD ROM, CD-RW atau DVD adalah sama sebagai berikut:
  1. Copot pelet penutup bay drive (ruang untuk drive pada casing)
  2. Masukkan drive dari depan bay dengan terlebih dahulu mengatur seting jumper (sebagai master atau slave) pada drive.
  3. Sesuaikan posisi lubang sekerup di drive dan casing lalu pasang sekerup penahan drive.
  4. Hubungkan konektor kabel IDE ke drive dan konektor di motherboard (konektor primary dipakai lebih dulu)
  5. Ulangi langkah 1 samapai 4 untuk setiap pemasangan drive.
  6. Bila kabel IDE terhubung ke du drive pastikan perbedaan seting jumper keduanya yakni drive pertama diset sebagai master dan lainnya sebagai slave.
  7. Konektor IDE secondary pada motherboard dapat dipakai untuk menghubungkan dua drive tambahan.
  8. Floppy drive dihubungkan ke konektor khusus floppy di motherboard
Sambungkan kabel power dari catu daya ke masing-masing drive.
rakit17.jpg
9. Memasang Card Adapter
Card adapter yang umum dipasang adalah video card, sound, network, modem dan SCSI adapter. Video card umumnya harus dipasang dan diinstall sebelum card adapter lainnya. Cara memasang adapter:
  1. Pegang card adapter pada tepi, hindari menyentuh komponen atau rangkaian elektronik. Tekan card hingga konektor tepat masuk pada slot ekspansi di motherboard
  2. Pasang sekerup penahan card ke casing
  3. Hubungkan kembali kabel internal pada card, bila ada.
rakit18.jpg
10. Penyelessaian Akhir
  1. Pasang penutup casing dengan menggeser
  2. sambungkan kabel dari catu daya ke soket dinding.
  3. Pasang konektor monitor ke port video card.
  4. Pasang konektor kabel telepon ke port modem bila ada.
  5. Hubungkan konektor kabel keyboard dan konektor mouse ke port mouse atau poert serial (tergantung jenis mouse).
  6. Hubungkan piranti eksternal lainnya seperti speaker, joystick, dan microphone bila ada ke port yang sesuai. Periksa manual dari card adapter untuk memastikan lokasi port.
 
rakit19.jpg
Pengujian
Komputer yang baru selesai dirakit dapat diuji dengan menjalankan program setup BIOS. Cara melakukan pengujian dengan program BIOS sebagai berikut:
  1. Hidupkan monitor lalu unit sistem. Perhatikan tampilan monitor dan suara dari speaker.
  2. Program FOST dari BIOS secara otomatis akan mendeteksi hardware yang terpasang dikomputer. Bila terdapat kesalahan maka tampilan monitor kosong dan speaker mengeluarkan bunyi beep secara teratur sebagai kode indikasi kesalahan. Periksa referensi kode BIOS untuk mengetahui indikasi kesalahan yang dimaksud oleh kode beep.
  3. Jika tidak terjadi kesalahan maka monitor menampilkan proses eksekusi dari program POST. ekan tombol interupsi BIOS sesuai petunjuk di layar untuk masuk ke program setup BIOS.
  4. Periksa semua hasil deteksi hardware oleh program setup BIOS. Beberapa seting mungkin harus dirubah nilainya terutama kapasitas hardisk dan boot sequence.
  5. Simpan perubahan seting dan keluar dari setup BIOS.
Setelah keluar dari setup BIOS, komputer akan meload Sistem OPerasi dengan urutan pencarian sesuai seting boot sequence pada BIOS. Masukkan diskette atau CD Bootable yang berisi sistem operasi pada drive pencarian.
Penanganan Masalah
Permasalahan yang umum terjadi dalam perakitan komputer dan penanganannya antara lain:
  1. Komputer atau monitor tidak menyala, kemungkinan disebabkan oleh switch atau kabel daya belum terhubung.
  2. Card adapter yang tidak terdeteksi disebabkan oleh pemasangan card belum pas ke slot/
LED dari hardisk, floppy atau CD menyala terus disebabkan kesalahan pemasangan kabel konektor atau ada pin yang belum pas terhubung.  Selamat Mencoba dan Semoga Bermanfaat.
 Sumber : www.google.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar